SLEEP THERAPY

 

Bismillaahirrahmanirrahiim…

 

 

MAKNA TIDUR UNTUK KESEHATAN

Kita semua tentunya tahu, bahwa ALLAH menciptkan siang untuk bekerja dan malam untuk beristirahat. Kerap kali banyak di antara kita yang melawan ketentuan hukum alam, seperti bekerja di malam hari dan tidur di siang hari. Kebanyakan mereka menggangap di malam hari jumlah tidurnya tidak kurang dari 8 jam/hari. Padahal kualitas tidur jauh lebih penting daripada jumlah jam/ lamanya waktu tidur.

 

Tidak akan pernah sama kualitas tidur di malam hari dengan tidur di siang hari, walupun jumlah jam tidurnya sama. Perlu disadari bahwa perbaikan jaringan-jaringan sel yang rusak dalam tubuh umumnya dilakukan kala kita tidur. Karena itu, apabila kita sering kurang tidur atau tidak memilki kualitas tidur yang baik, cepat atau lambat stabilitas daya tahan tubuh kita akan terganggu dan penyakit mudah muncul.

 

Seorang pemimpin perusahan yang sering kurang tidur, akan kurang bijak dalam memimpin perusahaannya atau mengontrol para pegawainya karena kualitas fisik, mental dan emosionalnya sangat dipengaruhi oleh baik tidaknya kualitas tidurnya. Begitupula, hal itu berlaku untuk profesi apapun.

 

Kesimpulannya, kualitas kerja sangat tergantung pada kualitas tidur setiap orang, apakah ia seorang pelajar, guru, petani, atau pengusaha juga lainnya. Setiap orang harus belajar mengoptimalkan kualitas tidurnya kalau ia mau mencapai sukses yang lebih baik.

 

 

BAGAIMANA MENGOPTIMALKAN KUALITAS TIDUR KITA?

 

Banyak orang berusaha memperbaiki kualitas tidur dengan cara yang salah, seperti makan berbagai obat tidur (baik obat tradisional maupun obat kimia sintesis lewat resep dokter). Mereka tidak menyadari bahwa obat tidur terkadang hanya bisa membantu sementara waktu, tidak untuk memperbaiki kualitas tidur kita.

Lalu bagaimanakah caranya..??

 

Berikut adalah TIPS UNTUK MENGOPTIMALKAN KUALITAS TIDUR KITA :

  • Lakukanlah olahraga secara teratur minimal setiap 2 hari sekali dengan target bisa berkeringat. Bila anda sering sulit tidur, lakukan kegiatan ini pada sore hari agar relaksasi otot mudah terbentuk di malam harinya dan ini akan memudahkan rasa kantuk.

 

  • Hindari minum banyak menjelang tidur, tapi nimunlah dua atau empat jam sebelum tidur agar ketika tidur tidak terganggu oleh rasa ingin buang air kecil di malam hari.

 

  • Hindari makanan pada malam hari. Sebaiknya empat jam sebelum tidur sudah berhenti makan. Kalau menjelang tidur masih terasa lapar, sebaiknya makan buah-buahan saja. Kebiasaan makan padat menjelang tidur, akan menganggu kualitas tidur dan pengolahan makanan pun tidak bisa diolah dengan baik ketika tidur. Karena ketika tubuh beristirahat di malam hari, yang seharusnya energi tubuh dipakai maksimal untuk melakukan perbaikan jaringan yang rusak, ia justru tidak melakukannya secara optimal karena sebagian terkuras untuk mengolah makanan. Akibatnya kita sering merasa selalu tidak segar ketika bangun tidur. Malan badan terasa pega-pegal.

 

  • Selalulah berdoa dan mengakhiri aktivitas dengan senyuman sebelum tidur. Ajaklah tubuh kita tersenyum walau cuma beberapa saat menjelang tidur. Hal itu akan memperbaiki pula kualitas tidur kita.

 

 

Ingin mendapatkan hasilnya??

 

Mari Mencoba Mengoptimalkan Kualitas Tidur Kita!🙂

 

 

Reff :  Sleep Therapy, dalam “tubuh anda adalah dokter yg terbaik_DR. HUSEN A.BAJRY, M.D, Ph.D

2 thoughts on “SLEEP THERAPY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s