#11 : OBSGYN Punya Cerita…

Bismilllaaahirrahmanirraahiim..

 

 

ALhaduLiLLaH……..

per 24 Januari saya resmi tercatat menempuh kepaniteraan di bagian obsetri dan ginekologi alias Obsgyn. Ini adalah stase ke-11 saya (dan merupakan stase ke-3 mayor saya).

Campur aduk rasanya…

Antara senang, sedih, gundah, gelisah dan banyak takut. kenapa?

Senang karena baru di stase ini saya satu ruangan dengan ibu🙂, sedih karena ternyata ini adalah stase ke-3 terakhir saya,gundah gelisah dan takut kalo inget konsulen2nya:mrgreen:

Di stase ini  saya harus merampungkan 12 minggu efektif –termasuk hari kerja dan libur– mulai dari aktivitas harian wajib yakni mulai pukul 07.00-14.00 kemudian dilanjut kegiatan jaga dari pukul 14.00-07.00 (hari berikutnya). melelahkan? tentu saja…🙂

Ada lelah yang dibayar dengan penuh cerita dan pengalaman berharga tentunya, Alhamdulillaah….

 

VK (KAMAR BERSALIN)

Pekan pertama –24-30 Jan’11–

Genap seminggu saya dan teman-teman terkurung di VK alias kamar bersalin. Start kerja aktif  jam 07.00 dan siang hari berakhir jam 12.00.  Berhubung saya kebagian sift jaga siang, maka jadwal masuk saya jadi lebih pagi yakni pukul 06.00 dan pulang lebih awal yakni jam 13.00. satu jam dimanfaatkan untuk mandi dan makan dirumah. karena jam 14.00 sudah harus standby lag di sana sampai jam jaga berakhir, jam 22.00.

Hari pertama….sungguh terasa lelahnya. Maklum, sehabis libur 3 minggu dan begitu masuk langsung ditodong jadwal yang padat merayap😦

Observasi pasien persalinan kala 1 –dimana si ibu mulai merasakan His alias kontraksi, keluar lendir darah atau ketuban pecah, pembukaan 1 sampe 10– dan qodarullaahi saya dijatahi pasien dengan PEB (pre eklamsi berat atau hipertensi dalam kehamilan) yang harus saya observasi tiap 30 menit sekali. Observasinya meliputi tekanan darah, nadi, dan tentu saja DJJ alias denyut jantung janin. Hari itu full, 8 jam saya berteman dengan tensi dan lanex.

Hari kedua, ketiga dan seterusnya…Alhamdulillaah, sudah mulai terbiasa dengan observasi. meski pasien ndak hanya 1,2 tapi bisa 4 bahkan 8….dibagi ber-3..lumayanlah..bisa untuk olahraga kaki🙂

Dipekan pertama pula inilah..saya berkesempatan membatu ibu-ibu melahirkan🙂

Belum partus mandiri sii –karena masih ada senior saya–. dan koass junior diberi kesempatan untuk menolong persalinan dari kala 1, kala 3 dan kala 4. Kala 2 yakni waktu dimana bayi lahir belum diijinkan **sebenarnya udah pengen..** jadi kami hanya membantu melahirkan plasenta (PTT ; peregangan talipusat terkendali), jahit perineum bila ada robekan dan episiotomi dan observasi 2 jam post partum.

Melahirkan plasenta juga gampang-gampang susah…kadang ada yang gampang banget kadang ada yang kerasnya minta ampuunnn, direnggangkan ajah masih susah >,<

Tapi lama-lama jadi biasa…:)

Sepekan ini…saya diberi kesempatan untuk ikut partus spontan normal (per vaginam) sebanyak 4 x, ikut operasi SC –sectio caesar– ada 5x, observasi sudah tidak terhitung lagi, hehehe…

Banyak cerita-cerita seru waktu ikut meolong persalinan sebenarnya…

InsyaALLAHU…akan saya ceritakan di tulisan berikutnya🙂

sambil berencana menulis sedikit tentang kehamilan dan persalinan, bi’idznillahi ta’ala..

 

 

~~nikmatnya merebahkan badan ;  31-1-11 ~~

 

 

 

 

 

6 thoughts on “#11 : OBSGYN Punya Cerita…

  1. wah klo di tempatku koas hanya boleh lahirin plasenta, sisanya residen.. tapi ada partus luar 2 minggu di puskesmas dan rumah sakit lain buat jadi dokter jaga utama, hihihi..semangat ya obsginnya🙂

    oh ibunya dokter juga ya?🙂

    • Alhamdulillaah di tempat saya diberi kesampatan nolong dari kala 1-4 termasuk juga jahit perineum🙂
      jadi puas 12 pekan..hehe…insyaALLAH sambil belajar 🙂

      kalo stase puskesmas saya di IKM ukh. kami di PKM selama 1 bulan. disana juga boleh nolong partus, bp4 sampe dokter IGD

      Na’am..semangat juga untuk anti.

      Baarakallaahufiyk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s