Senam Nifas Yukk Bu..?!

lotus

Baarokalloh, selamat yaaa..untuk anda udah jadi ibu sekarang ..

Atau anda masih menunggu si buah hati yang dalam hitungan hari ini akan lahir? Atau malah masih lama? Atau masih belum dikarunia momongan?  Ya ndak apa-apa, tetap bersabar dan berikhiar yaaa..

Hmmm..lihat judulnya “NIFAS” pasti pikiran kita langsung menuju pada kondisi ibu pasca melahirkan.

Yuppp, anda benar!

Tulisan kali ini memang membahas tentang kondisi nifas atau pasca melahirkan/postpartum. Nah kali ini, kita akan belajar tentang senam nifas.

Memang ada yaa?? Ada.

Seperti apa gerakannya?

Yukkkk kita ikuti instruksinya :

1. PEMANASAN

A. Peregangan

1. Posisi berdiri tegak. Gerakan kepala miring ke kanan dan kiri. Dilanjutkan dengan gerakan menunduk dan mengangkat kepala. Lalu angkat bagu dan memutarnya.

2. MAsih di posisi yang sama, buka/lebarkan kedua kaki, tangan direntangkan, kemudian tekuklah lutut, lalu lakukan gerakan miring ke kanan dan ke kiri dengan meluruskan salah satu kaki bergatian.

3. Masih di posisi yang sama, kedua tangan direntangkan ke depan. Lalu lakukan gerakan menekuk pergelangan tangan ke atas dan ke bawah, lalu lanjutkan gerakan memutar pergelangan tangan dari luar ke dalam dan sebaliknya.

B. Mengencangkan Otot Panggul

1. Posisi setengah jongkok dengan telapak tangan menyentuh lantai, angkat panggul perlahan-lahan sambil mengangkat kedua tangan ke atas hingga posisi berdiri. Lakukan sebanyak 8x.

2. Posisi seperti merangkak, lengan dibuka sejajar dengan kaki dan bahu. Tundukkan kepala sambil menarik nafas, angkatlah punggung sambil mengencangkan otot panggul. Tahan beberapa detik. Lalu kembali keposisi semual. Lakukan sebanyak 8x.

C. Mengencangkan Otot Paha

1. Posisi tetap seperti merangkak. Dorong salah satu kaki ke belakang tanpa menyentuh lantai. Lakukan juga untuk kaki yang lainnya. Masing-masing sebanyak 8x.

2. Posisi tetap merangkak, dorong salah satu kaki ke samping. Lakukan gerakan yang sama untuk kaki yang lainnya. Lakukan gerakan ini masing-masing 8x.

2. GERAKAN INTI

A. Memutar Lengan

Posisi duduk bersila. Rentangkan tangan, lalu putarlah pergelangan tangan, lengan dan bahu. Lakukan gerakan dengan cepat sambil mengencangkan perut.

B. Memutar Pinggang

Duduk dengan posisi kaki membuka, tangan di belakang sambil menundukan kepala. Kemudian bawa badan ke sambaing, ke depan lalu serong dengan gerakan memutar pinggang.

C. Mengecilkan Perut

1. Posisi tidur telentang dengan mengangkat satu kaki bersamaan dengan mengangkat kepala dan bahu sambil tengan meraih kaki yang diangkat.

2. Posisi telentang dengan kedua kaki ditekuk, tangan di dada. Angkat kepala hingga bahu sambil mengencangkan perut. Lakukan gerakan ini berulang-ulang.

3. Lanjutkan dengan gerakan mengangkat kepala dan punggung sampai posisi duduk, turunkan perlahan-lahan (seperti gerakan sit up).

D. Menencangkan Paha dan Betis

1. Posisi tidur miring ke kanan. Angkat kaki kiri ke atas, kemudian turunkan perlahan-lahan. Lakukan juga posisi sebaliknya.

2. Masih dengan posisi tidur miring kanan, ayunkan kaki kiri ke depan dan tangan kiri ke arah berlawanan, tangan kanan menyangga tubuh. Lakukan juga sebaliknya.

3. Posisi tidur telentang, kaki setengah ditekuk, lalu angkat salah satu kaki lurus ke atas, lakukan secara bergantian.

3. PENDINGINAN

1. Posisi tidur terlentang. Rentangkan ke dua tangan ke atas sambil mengatur nafas. Tekuk satu kaki lalu tahan dengan tangan. Lepaskan.

2. Lalu tekuk kaku sambil memiringkan badan dan tangan direntangkan ke sampan kanan dan kiri. Tahan. Lakukan secara bergantian.

3. Prinsip melakukan pernafasan, perut dikunci hingga pada waktu bernafas, perut tidak ikut bernafas. Hanya rongga dada yang bergerak

Demikian gerakan-gerakan senamnya..

Mudah kan???

Yukkk dicobaaa…

Reff : Kado Cinta untuk Ibu Muda_Marwinda SM

4 thoughts on “Senam Nifas Yukk Bu..?!

  1. assalamu’alaykum
    syukron dah mampir ke Dream House
    maaf, ga ada yg istimewa di sana. maklum, masih nyubi.
    tukeran link yuk.

    wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh
    waiyyaka.
    wah..sama-sama pak bayu, gubug jerami juga masih nyubi.
    na’am pak..
    sama simpan dulu linknya, insyaALLOH setelah di renov akan saya pasang.

    baarokallohufiik.

    *salam kagem bu is ^^

  2. Waduh deeee…habis melahirkan ana itu ga sempat senam nifas, dah repot ngurusin si dede n kakanya he he he maklum semua dikerjain sendiri, ada siy tutorialnya lewat CD, tapi ya itu waktunya yang ga ada🙂

    :mrgreen: iya yah umm??
    eummmm….kalo gitu sekarang ajah umm, senamnya pripun??😀

    fatih dan maryam kaefhal umm?

    • wah kalau senamnya sekarang ya dah telat dong🙂, Alhamdulillah Fatih Maryam sehat….

      ndak papa umm, biar sehat.
      walhamdulillah…
      salam untuk fatih dan maryam..

      baarokallohufiik fatih wa maryam🙂

  3. nggak pernah senam nifas dek…
    yang sering tuh senam hamil, itupun sendiri dirumah (sambil nyontek tabloid ibu&anak), hehe….

    nantilah kalo ada dedek lagi (amiiin…), baru dipraktekkin.
    syukron yah

    hehehhee…iyah, senam hamil plus nifas umm ^^
    siiippp…segeraaa umm, biar nailah punya temen, hehehe

    waiyyaki umm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s