Lihat Ibu, Betapa Pintarnya Aku..

baby%20hand%20flower

Yang namanya dede bayi itu emang makhluk ajaib yaaa?

Subhanalloh, makhluk semungil itu bisa melakukan banyak sekali hal.

Mulai ketika ditiupkan ruh oleh ALLOH..bergerak halus……menendang.. dan berputar di ruang munggil itu. Ruang penuh cinta dan ketentraman, rahim namanya.

Ketika lahir ke dunia dia pun sudah memulai menunjukan kepintarnnya. .

Pertama, dia akan menangis. Menakjubkan! Inilah pertama kalinya kita menangis didunia! Mengeluarkan suara pertama kalinya….

Kadang suka berfikir, lucu sekali ya suara dede bayi itu. Punya nada dan irama yang sama…oaakkk..oooaakkk… walupun dengan amplitudo yang berbeda.

Menangis secara spontan, juga akan menunjukan bahwa si dede dalam keadaan normal. Dengan menangis, paru-parunya akan mengembang dan selanjutnya menjalankan fungsi secara normal. Menangis merupakan salah satu pemeriksaan penting pada bayi baru lahir. Menangis masuk dalam APGAR score.

Apa itu APGAR score?

APGAR score merupakan singkatan dari 5 komponen yakni,

* Appearance: Penampilan, yang dilihat dari warna kulit.

* Pulse: Frekuensi denyut jantung.

* Grimace: Usaha bernapas yang dilihat dari kuat lemahnya tangisan. (disini reflek menangis dinilai)

* Activity: Aktif atau tidaknya tonus otot.

* Reflex: Reaksi spontan atas rangsang yang datang.

APGAR ini dinilai dengan memberikan penilaian 0-2. Bila reaksi si dede bagus, maka nilainya 2. Reaksi kurang baik bernilai 1, sedangkan reaksi buruk bernilai 0. Kesemua nilai tadi akan dijumlahkan, sehingga didapatlah hasil sebagai berikut:

* Nilai 10: Bayi memberi reaksi sangat baik pada semua pemeriksaan.

* Nilai 7-10: Si kecil dianggap memiliki kemampuan adaptasi yang baik.

* Nilai di bawah 7: Fungsi jantung dan paru-paru bayi tidak baik, sehingga perlu pertolongan.

* Nilai 0: Bayi meninggal saat lahir.

Masih berbicara soal menangis si dede yang perlu diwaspadi adalah ketika si dede tidak juga kunjung menangis setelah diberi rangsang seperti sentilan atau tepukan di telapak kaki atau pantatnya. Ini bisa jadi kondisi gawat darurat! Segera mungkin, jalan nafasnya harus dibersihkan. Siapa tau ada lendir yang menyumbat jalan nafasnya. Kalau tidak, si dede bisa kekurangan oksigen karena saluran nafasnya tersumbat. Bisa menjadi kondisi hipoksia yang selanjutnya bisa bertambah parah pada keadaan apneu (tubuh kekurangan oksigen dengan derajat yang parah).

Setelah menangis, selanjutnya si dede kembali menunjukan kepintaran berikutnya.

Reflek menghisap. Yaa, reflek menghisap yang ALLOH berikan adalah suatu karunia besar untuk si dede dan umminya. Begitu besarnya fungsi dan manfaat dari reflek hisap bayi, karena itulah para tenaga medis kini gencar menerapkan program IMD “Inisiasi Menyusu Dini”.

IMD secara langsung akan melatih refleks hisap mulut bayi. Reflekss hisap si dede pasti dibarengi dengan refleks menelan. Dengan melatih refleksnya dengan otomatis juga mengajak sistem persarafan di dede bekerja. Waahhh..Subhanallah!!

Program IMD ternyata juga dapat menurunkan angka kematian bayi akibat hipotermia atau kedinginan. Karena apa? Karena bayi akan mendapatkan kehangatan langsung dari dada si ibu.

Selain fungsi tersebut, IMD juga dapat membentuk kekebalan tubuh di dede karena pertama kali menyusu si dede langsung dapat kolustrum yang kaya sekali akan antibodi. Hal ini penting untuk pertumbuhan usus dan ketahanan terhadap infeksi. Dengan menjilati kulit ibu, bayi juga akan menelan bakteri yang akan berkoloni di usus bayi guna menyaingi bakteri ganas dari lingkungannya.

IMD juga punya manfaat untuk si ummi lhoh. Memang fungsinya apa?

Dengan adanya sentuhan, hisapan dan jilatan pada aerola (puting payudara) akan merangsang pengeluaran hormon oksitoksin yang penting untuk kontarksi rahim. Hormon ini berfungsi untuk mengurangi perdarahan pasca melahirkan, merangsang hormon lain yang membuat ibu tenang dan rileks. Dan yang paling penting adalah dengan adanya hisapan pada putting payudara, akan merangsang pelancaran ASI. Nah biasanya..bayi yang melakukan IMD akan cenderung lebih berhasil menyusu secara eksklusif selama 6 bulan. Waaahhhh….besar sekali manfaatnya yaa?!

Memang kaya apa si proses IMD itu?

Dalam 30 menit pertama bayi beristirahat dengan keadaan siaga dan sekali-kali melihat kea rah ibunya. Saat ini si dede masih belajar untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Antara 30-40 detik si dede akan mengeluarkan suara, memasukan tangannya ke mulut, menghisap-hisap jempol atau jari-jari tangannya dan mengeluarkan air liurnya. Selanjutnya si dede akan bergerak menuju kea rah payudara si ibu dengan kakinya yang menekan perut si ibu, mengangkat pantatnya, dan mencari puting susu sebagai sasaran utamanya. Ketika sudah diujung tulang sternum (tulang dada) si dede akan mengangkat kepalanya, menghentak-hentakkan kepala kepada si ibu, menoleh ke kanan dank e kiri, kemudian menyentuh putting dengan tangannya. Yaa…si dede berhasil menjalankan misi pertamnaya : menemukan puting payudara ibunya! Waahhhh pintarnya…Subhanallah. Si dede bisa mengenali putting ibunya karena menurut penelitian, bau putting ibunya itu sama dengan bau tangannya. Indra penciumannya sudah bekerja!! Subahanallah…

Dengan segera si dede akan menjilati, menulum putting, dan membuka mulutnya dengan lebar untuk selanjutnya melekat ke dekapan hangat ibunya…

Indahnyaaaa….

Selain refleks menghisap dan menelan,bayi yang baru lahir dikarunia oleh ALLOH refleks fisiologis lainnya.

Apa saja yaa jenis refleksnya?

Ada refleks Rooting yakni reflek dimana bayi akan menoleh kea rah benda yang menyentuh pipinya. Kemudian refleks Moro yakni timbulnya pergeran tangan yang simsetris apabila kepala bayi tiba-tiba digerakan misalnya ketika kita meletakkan si dede tidur dari gendongan kita, biasanya kedua tangannya akan tersentak tiba-tiba kan? Nah ini yang disebut reflek moro.

Ada juga refleks melangkah. Refleks ini bisa dilihat bila tubuh bayi dipegang pada bagian bawah ketiaknya dalam posisi tegak (pastikan kepalanya tertopang dengan baik!), lalu kakinya menyentuh bidang yang datar, secara otomatis si kecil akan meluruskan tungkainya seolah-olah hendak berdiri. Begitu tubuhnya dimiringkan ke depan, kakinya akan bergerak seakan-akan ingin melangkah.

Ada juga refleks menggenggam atau dikenal dengan nama babinski yakni kalau jari diletakkan di tengah telapak tangan atau di bawah jari kakinya, secara otomatis ia akan menekuk dan mengerutkan jari-jarinya seolah-olah ingin menggenggam atau menjepit dengan erat.

Refleks lainnya yakni leher asimetrik tonik. Refleks ini memang agak sulit terlihat. Meski begitu, bisa diamati. Caranya? Baringkan si kecil, lalu miringkan kepalanya ke kiri misalnya. Nah, tangan kiri bayi akan segera merentang lurus ke luar, sedangkan tangan kanannya akan menekuk ke arah kepalanya.

Jadi totalnya ada 6 refleks : menghisap, moro, rooting, menggenggam, melangkah dan leher asimetrik tonik.

Terkadang refleks-refleks ini memang tidak begitu jelas terlihat ketika si dede lahir. Refleks ini akan terlihat jelas umumnya saat si dede berusia 2 bulan dan akan menghilang saat usai 5 bulan.

Wahhh ternyata si munggil begitu pintar yaaa…

Padahal baru beberapa jam di dunia. Apalagi kalau sudah berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan sampai menginjak hitungan tahun.

Si dede akan bertambah pula kepintarnya. Mulai mengenali bau tubuh ibunya, mulai mengenal orang-orang disekitarnya yang sering berinteraksi dengannya. Menunjukan bahasa tubuh yang lucu, mengangkat pantat ketika minta di gedong. Menghisap tangannya sambil mengeluarkan suara lucu ketika haus minta menyusu, menangis ketika ngompol atau tidak nyaman, dan akan tidur pulas ketika kenyang. Waaahhhhhh……pintarnya si dede….

Subhanallah, ALLOH itu benar-benar Dzat yang Maha Sempurna. Sebaik-baik pencipta makhluk.

ALLOH sudah mengkaruniakan mahkluk mungil nan pintar kita di dunia…

Apa kita mau menyia-nyiakannya??

*ketika aku menyaksikan dia begitu pintarnya : my little nephew “Azka”

Refrensi : Kado Cinta untuk Ibu Muda_Marwinda SM, gazzamedia.

Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal_Sarwono P , bina pustaka.

Hypno-bithing.web.id

Catatan kuliah blok reproduksi

Iklan

5 thoughts on “Lihat Ibu, Betapa Pintarnya Aku..

  1. assalamu alaykum , sungguh kami melihat anda begitu punya persiapan pra nikah ….mumtaz ukhtii

    wa’alaykumussalam warahmatullah.
    mencari dan update ilmu akh..
    semoga bermanfaat.

  2. Subhanallah… bermanfaat sekali artikelnya ukhty…
    Salam kenal ya.

    walhamdulillah….
    salam kenal kembali umm..

    • Aku belum punyak anak, hihi, tapi insya Allah… karena aku belum punya anak, maka, panggil aja ukhty Ani. Salam kenal. Nama saya Ani. Mampir ke singgasanaku ya ukh.

      oooh..kalo gitu dipanggil ammah ani saja boleh??
      aamin..semoga disegerakan.

      salam kenal kembali..
      iyah..akan main kerumah ammah ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s