“Apakah Saya Hamil?”

Bismillahirrohmanirrohim…

Suatu fitrah dan tujuan dari sebuah pernikahan adalah memperoleh keturunan, yang mana kelak akan menjadi penerus trah atau dalam bahasa populernya genogram (pohon keluarga) suatu keluarga.

Adalah sebuah kebahagian tak terkira manakala sepasang suami-istri memperoleh seorang keturunan. Sebuah Kebahagian yang tak terbayar oleh apapun ketika sang istri mengabarkan berita gembira kepada sang suami dengan wajah berseri ”aku hamil….” (benar bapak-bapak?)

Berita kehamilan seorang wanita (yang telah bersuami) adalah suatu kabar gembira sekaligus anugrah tak terkira oleh Sang Pencipta yang telah meng-amanahkan seorang makhluk kecil bernama “bayi” kepangkuan suami-istri.

Berita kehamilan umumnya diperoleh wanita ketika dia telah berkonsultasi pada tenaga kesehatan baik dokter ataupun bidan ataupun dengan cara yang lebih praktis bin mudah, yakni test pack kehamilan.

Para wanita pada umumnya kurang menyadari kehadiran awal sang buah hati didalam rahimnya. Padahal dia tau, kalo sudah terlambat datang bulan beberapa minggu, mulai merasa mual kalo mencium aroma makanan atau bau yang menusuk hidung, gampang capek, letih, dan lainnya.

“Apakah saya hamil??”


Begitu mungkin pertanyaan yang selalu menari-nari di benak para wanita yang tengah merasakan gejala diatas. Mau menjawab “iya..” takut kePeDean..nanti jadi sedih kalo ternyata tidak benar. Mau menyangkal dan menjawab “tidak…” tapi tidak bisa membohongi hati kecil kalo ternyata sangat mengharapkan kehadiranya.

Setiap wanita yang tengah mengalami kegundahan antara hamil dan tidak, akan mencari pembuktian melalui test kehamilan. Dengan test kehamilan diharapkan mampu memberikan jwaban pasti.

Bagi anda para wanita (dan pria mungkin?) ..ada baiknya kita mengerti apa saja gejala dan tanda kehamilan yang mungkin bisa mengacu ke arah diagnosis kehamilan itu sendiri. Apa saja itu?? berikut beberapa pointnya,

v BUKTI PRESUMPTIF KEHAMILAN

A. Gejala Kehamilan

· Mual dengan atau tanpa muntah. Seringkali kehamilan ditandai dengan gangguan system pencernaan yang terutama muncul sebagai mual dan muntah. Gejalanya disebut sebagai morning sickness of pregnancy biasanya dimulai pada pagi hari tetapi menghilang setelah beberapa jam, meskipun kadangkala gejala ini menetap lebih lama dan mungkin terjadi pada waktu lain. Gejala yang mengganggu ini biasanya muncul sekitar 6 minggu setelah mulainya periode menstruasi terakhir dan biasanya menghilang spontan 6-12 minggu kemudian.

· Gangguan kencing. Selama trimester pertama pertama kehamilan, uterus (rahim) yang sedang membesar, mendesak kandung kencing sehingga dapat menyebabkan sering kencing. Secara bertahap, frekuensi uterus naik ke dalam rongga abdomen (perut). Keluhan ini akan muncul kembali mendekati akhir kehamilan ketika kepala bayi turun ke panggul ibu.

· Letih. Mudah letih adalah ciri kehamilan dini yang sering terjadi dan memberikan kunci diagnostic

· Perasaan gerakan janin. Kadangkala antara 16-20 minggu setelah mulainya periode menstruasi terakhir, wanita hamil biasanya menjadi sadar akan gerakan yang berdenyut halus di perut dan gerakan ini secara ini bertahap dan bertambah intensitasnya. Hal ini disebabkan oleh aktivitas janin. Gejala pertama yang dikenali oleh wanita hamil disebut dengan quickening (persepsi tentang kehamilan).

B. Tanda-tanda Kehamilan

· Berhentinya menstruasi. Menstruasi terjadi karena ovum (sel telur) tidak dibuahi oleh sperma, dan akan mengalami peluruhan. Bila ovum telah dibuahi oleh sperma (fertilisasi) maka tidak akan terjadi lagi menstruasi.

· Perubahan pada payudara. Umumnya perubahan anatomic di payudara yang mengikuti kehamilan cukup khas pada primipara (baru hamil pertama kali).

· Perubahan warna mukosa vagina. Selama kehamilan, mukosa vagina sering kelihatan gelap merah kebiruan atau merah muda dan kencang yang disebut tanda Chadwick.

· Meningkatnya pigmentasi kulit dan gambaran stria abdominal (perut). Warna kulit bisa lebih gelap (kebanyakan) atau sedikit terang.

BUKTI KEMUNGKINAN KEHAMILAN

1. Pembesaran Abdomen (perut). Setelah 12 minggu kehamilan, uterus biasanya dapat diraba melalui dinding perut tepat diatas simfisis.

2. Perubahan bentuk, ukuran dan konsisitensi uterus (rahim)

3. Perubahan anatomis serviks. Pada kehamilan 6-8 minggu, serviks sering menjadi sangat lunak. Ketika kehamilan semakin tua, kanalis servicalis menjadi sangat longgar sehingga memnungkinkan ujung jari pemeriksaan masuk.

4. Kontraksi Braxton Hicks. Selama kehamilan, uterus mengalami kontarksi yang dapat diraba, tetapi bisanya tidak nyeri dengan interval teratur mulai dari masa kehamilan dini.

5. Balotemen. Mendekati pertengahan kehamilan, volume janin masih kecil dibandingkan dengan volume cairan amnionnya (ketuban) dan akibatnya tekanan mendadak yang dieknakan pada rahim dapat menyebabkan janinnya tenggelam dalam cairan amnion dan kemudian kembali keposisi semula ; ketukan yang ditimbulkan (balotemen) dirasa oleh jari-jari pemeriksa.

6. Gambaran fisik janin. Pada trimester kedua kehamilan, gambaran bentuk badan janin dapat diraba melalui dinding abdomen ibu dan gambaran bentuk janin tersebut menjadi lebih mudah dikenali bila semakin cukup bulan.

7. Hasil uji endokrin. Adanya gonadotropin manusia (hCG) dalam plasma dan ekskresinya dalam urin dialam urin memberikan dasar untuk uji endokrin bagi kehamilan (yang baisanya digunakan pada test pack kehamilan dengan urin).

v TANDA-TANDA POSITIF KEHAMILAN

1. Denyut Jantung Janin. Bisa didengarkan melalui Doopler ultrasonic (USG dengan prinsip gelombang suara)

2. Persepsi gerakan janin oleh pemeriksa. Pada saat usai kehamilan 20 minggu gerakan aktif janin dapat dirasakan pada interval waktu tertentu dengan meletakan jari pemeriksa pada perut ibu hamil tersebut.

3. Pengenalan embrio atau janin pada kehamilan. Pengenalan yang paling sering dilakukan adalah memalui Ultrasonografi (USG)

Demikian beberapa informasi baik tanda maupun gejala yang bisa kita peroleh dalam awal kehamilan seorang wanita.

Semoga informasi yang sedikit ini bisa menambah pengetahuan kita mengenai kehamilan itu sendiri. Dan para calon ibu…semoga bisa lebih “merasakan” kehadiran si kecil lebih awal….

Sungguh hadirnya adalah sebuah kebahagian tak terkira…
Dialah sang cahaya mata…(bagi kedua orangtuanya)

Wallohu Ta’ala A’lam

Reff : Obstetri William Vol 1

~ Catatan stase obsgin yang “wahhhh…” sweetroom 05nop08 ~

Iklan

12 thoughts on ““Apakah Saya Hamil?”

  1. Aduh.. aku ‘hamil’ gak yah?
    PeRutku kembung neh (mode oon gak ketulungan) 😀

    hehe..”anaknya” dikasih nama bayu ya pak kalo dah lahiran 😀

  2. duh…senengnya klo hamil…

    sabar….sabar…..sabar ya nia……

    hihiiiiii…

    hu’uh, ishbir ya mba niaa..
    Tetaplah berusaha 🙂

  3. alhamdulillah..udah ada dede’ kcil di perutku 😳

    walhamdulillah, barokallohufiik..
    Senangnya…
    Udah mau jadi ummi teman fathy yang 1 ini, dan yang disini udah mau jadi tante ^_^
    ayo, jaga kesehatan ya bu..
    Ayo gizinya, trimester pertama adalah proses pembentukan organ-organ.Termasuk otak..

  4. saya nk tanya kali trakhir i dtg bulan 28.02.2008. 05.02.2008 saya ada kan *** brsma suami saya. kn tahu saya hamil ke x? sb haid saya x dtg lagi.

    maaf…saya ndak paham dengan pertanyaannya

  5. selain tanda2 kehamilan di atas..ada tanda2 khusus atau tanda yang hanya beberapa orang aja yang ngalamin..?

    klo ada bisa disebutin??

    makasih ya..

    tanda khusus? ohhh..belum dapat refrensi lagi pak.
    insyaALLOH nanti kalau ketemu, saya postingkan. afwan.

  6. tgl 14 juni 2012 saya berhenti KB(setelah 17 bln saya KB)…skrg tgl 21 juni 2012…saya mengalami ciri2 diatas…pusing,,mual bahkan muntah,,sebentar2 buang air kcl,,sensitif banget(pngen mrah truz & pngen nangis tanpa sebab),,apakah saya hamil???secepat inikah????tp saya test pack hsl’y negatif….
    saya mohon petunjuk’y…..krn saya cemas sekali,,,mengingat kegagalan hamil pertama saya…terima kasih

  7. Mba sya pernah keguguran abs itu make KB nah skg sya lepas KB kira2 bisa hamil ga ya mbaa , keputihan sya bnyak skali mbaa sya takut ada apa2 mbaa ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s